Peringatan Hari Oeang ke-73, Kementerian Keuangan (Kemenkeu) , Kunjungi SDN 30 Pangkalpinang

by

Okeybozz.com , Pangkalpinang – Sebagai bagian dalam peringatan Hari Oeang ke-73, Kementerian Keuangan (Kemenkeu) untuk kali ke-empat menyelenggarakan program Kemenkeu Mengajar.

Melalui kegiatan ini, Aparatur Sipil Negara (ASN) Kemenkeu secara serentak (pusat dan kantor perwakilan di daerah) mengajar selama satu hari di Sekolah Dasar (SD) secara sukarela. Untuk Kemenkeu Mengajar 4 (KM4) di kota Pangkalpinang,

Terdapat dua SD yang menjadi target kegiatan ini, salah satunya adalah SDN 30 Pangkalpinang yang beralamat di Bukit besar, Kec. Girimaya, Kota Pangkal Pinang, Kepulauan Bangka Belitung.

Terdapat 35 anggota rombongan KM4 tersebut, yang terdiri dari sejumlah unit vertikal Kemenkeu, antara lain Ditjen Perbendaharaan, Ditjen Pajak, Ditjen Bea Cukai, dan Ditjen Kekayaan Negara yang tidak hanya berkantor di Pulau Bangka, namun juga dari wilayah lain, seperti Mataram dan Kepulaian Riau.

Sejumlah pejabat Kementerian Keuangan, seperti Kepala Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Bangka Belitung, Kepala Kantor Pelayanan Perbendaharaan (KPPN) Pangkalpinang, Kepala Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Pangkalpinang, dan Kepala Kantor Pelayanan Bea Cukai (KPBC) Pangkalpinang juga menjadi pengajar pada kegiatan ini.

Pantauan media pagi ini, kegiatan KM4 dimulai dengan Upacara Bersama, dengan Ibu Yetti Yulianty (Kepala Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe Madya Pabean (KPPBC TMP) Pangkalpinang) Selaku Pembina upacara, dikuti oleh seluruh relawan KM4, siswa, dan dan guru SDN 30 Pangkalpinang , Senin (4/11/2019)

Pembina upacara menyampaikan bahwa Kementerian Keuangan berharap program ini dapat mengenalkan sedini mungkin bagaimana peran Kemenkeu dalam upaya menjaga ekonomi negeri dan mengenalkan profesi yang ada di Kemenkeu. ASN Kemenkeu juga diharapkan dapat mengajarkan nilai-nilai dan semangat yang dibawa oleh Kemenkeu serta nilai keberagaman dalam persatuan ,

Selain itu, program pengajaran ini dilakukan dengan metode yang menyenangkan, ringan, dan mudah dimengerti oleh anak-anak SD, baik dilapangan setelah upacara maupun di kelas masing-masing. Simulasi bermain peran juga dilakukan untuk memudahkan materi disampaikan.

Pertanyaan mengenai cita-cita anak didik menjadi langkah awal kegiatan karena menanamkan semangat dan keyakinan untuk meraih cita-cita para generasi penerus bangsa ini dapat meningkatkan motivasi mereka untuk meraih impiannya, salah satunya dengan belajar dengan giat dalam bersekolah.

Kemudian, dengan mengenalkan sejumlah profesi di Kementerian Keuangan diharapkan dapat menumbuhkan pemahaman bahwa ternyata untuk mengurus republik ini harus sama-sama, ini negara kita sendiri ini bangsa kita sendiri, maka kita sendiri yang harus mencintai membesarkan dan membangun.

Kemenkeu Mengajar 4 diikuti secera serentak oleh 3.700 ASN Kemenkeu di seluruh Indonesia, dilaksanakan di 61 kota, 29 provinsi, dan 159 SD serta menyentuh lebih dari 47.794 murid SD mengikuti kegiatan ini di sekolah mereka masing-masing. Program ini tidak menggunakan dana APBN, segala bentuk biaya yang dikeluarkan berasal dari pribadi ASN di Kemenkeu (relawan Kemenkeu Mengajar).

Kepala Sekolah SDN 30 Pangkalpinang Hj. Asnana, S.Pd mengatakan dengan adanya Program Kementerian Keuangan Mengajar ini diharapkan siswa -siswi disekolah ini akan bertambah pengetahuan dan wawasan tentang keuangan bagaimana cara mengelola keuangan dirumah ataupun disekolah.

” Program Keuangan datang kesekolah ini (SDN 30-Red) diharapkan siswa -siswi bertambah pengetahuan dan wawasannya tentang keuangan bagaimana cara mengelola keuangan dirumah ataupun disekolah ,” terang Hj. Asnana S.pd

Selain itu juga Siswa siswi mengetahui asal usulnya rupiah di negara indonesia ini. banyak sekali pengetahuan yang siswa dapati pada kegiatan program mengajar Kemenkeu satu hari mengajar ,” Ujarnya. (Ded)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *