Kondisi Pembangunan Drainase Desa Cendil di Beberapa Bagian Rusak , Dinas Perkim Beltim Katakan Karena Tergerus Air.

by

 

Caption foto : Dinas Perkim Beltim saat turun lapangan melihat kondisi Drainase di desa Cendil , Jumat (12/7).

Laporan Jurnalis Okeybozz.com Irwansyah.

 

OKEYBOZZ.COM , MANGGAR — Proyek saluran drainase  dibangun tahun 2018 berlokasi di desa Cendil kecamatan Kelapa Kampit yang pengerjaannya dilakukan oleh CV. Karya , ada beberapa bagian yang rusak.

Setelah dilakukan pengecekan oleh dinas perumahan rakyat dan kawasan permukiman beltim ,mereka membenarkan kondisi drainase dibeberapa bagian ada yang rusak.

Terkait hal itu , Sekretaris Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman, Robby Yanuar, SE  mengatakan bahwa memang benar kondisi drainase yang telah dibangun beberapa waktu yang lalu di tahun 2018, setelah kami memeriksanya ke lapangan, memang di beberapa bagiannya mengalami kerusakan seperti dinding drainase yang retak dan lantainya yang pecah, kondisi tersebut jika dikaji secara teknis adalah sebagai akibat dari gerusan air hujan terhadap tanah yang memang lumayan deras, sehingga mengikis dan membuat turun permukaan tanah yang menyangganya, sehingga ketika hal tersebut terjadi, badan drainase kehilangan daya topang terhadap bobotnya sendiri dan itu yang mengakibatkan kondisi drainase tersebut di beberapa bagiannya mengalami kerusakan, tetapi kerusakannya tidak banyak, hanya di beberapa bagian saja, khususnya di bagian permukaan tanah yang menurun dan mengalami gerusan akibat air hujan yang deras.

“Benar kondisi drainase yang telah dibangun beberapa waktu yang lalu di tahun 2018, setelah kami memeriksanya ke lapangan, memang di beberapa bagiannya mengalami kerusakan seperti dinding drainase yang retak dan lantainya yang pecah, kondisi tersebut jika dikaji secara teknis adalah sebagai akibat dari gerusan air hujan terhadap tanah yang memang lumayan deras, sehingga mengikis dan membuat turun permukaan tanah yang menyangganya, sehingga ketika hal tersebut terjadi, badan drainase kehilangan daya topang terhadap bobotnya sendiri dan itu yang mengakibatkan kondisi drainase tersebut di beberapa bagiannya mengalami kerusakan, tetapi kerusakannya tidak banyak, hanya di beberapa bagian saja, khususnya di bagian permukaan tanah yang menurun dan mengalami gerusan akibat air hujan yang deras” Jelas Robby kepada Okeybozz.com  diruang kerjanya, Jumat (12/7/2019).

Ditambahkan pula, bahwa Dinas perkim telah menghubungi kontraktor pelaksananya yaitu CV. Karya, dan Kontraktor pelaksana menyanggupi untuk segera melakukan pekerjaan perbaikan terhadap bagian drainase yang rusak, karena memang masih dalam tenggang waktu perbaikan.

“ Kami telah menghubungi   kontraktor pelaksananya yaitu CV. Karya, dan Kontraktor pelaksananya menyanggupi untuk segera melakukan pekerjaan perbaikan terhadap bagian drainase yang rusak, karena memang masih dalam tenggang waktu perbaikan” tambah Robby lebih lanjut.

(Okeybozz.com /@Iwan gabus).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *