Pertanyakan Kelanjutan Tuntutan , Perwakilan Mantan Sales Datangi Kantor PT. Istana Agung Babel

by
Foto , Pertemuan sejumlah mantan sales  berdialog dengan pihak PT. Istana Agung yang dimediator SPSI Babel ,Senin (13/5).
Laporan okeybozz Adityawarman.
OKEYBOZZ.COM , PANGKALPINANG
Sejumlah Mantan sales Dealer resmi mobil toyota Bangka Belitung , bersama SPSI Babel mendatangi kantor PT. Istana Agung Babel yang berlokasi di jalan Soekarno – Hatta No. 86 Pangkalpinang ( Depan SPBU jl. Koba pangkalpinang) ,Senin (13/5/2019) siang.
Kedatangan mereka (Mantan sales-red) untuk mempertanyakan tindak lanjut dari tuntutan mereka tentang gaji yang tidak dibayar  selama bekerja di Perusahaan penjualan mobil tersebut , yang pernah diberitakan media berapa waktu lalu.
  (baca > https://okeybozz.com/2019/05/02/mantan-sales-pt-istana-agung-babel-lapor-ke-spsi-darusman-sebut-ada-kejanggalan-di-terapkan-pihak-manajemen-perusahaan/).
Pantauan awak media okeybozz.com Kedatangan sedikitnya  8 (delapan ) orang perwakilan mantan sales Dealer mobil Toyota Bangka Belitung serta Ketua SPSI Babel Darusman Aswan tersebut diterima langsung Syahrial selaku Branch Manager PT. Istana Agung Babel dikantornya  untuk berdialog dikantor cabang PT. Istana Agung diruang Rapat Lantai II sekitar pukul 11: 00 wib.
 menurut informasi yang diperoleh okeybozz.com sebelumnya bahwa perusahaan tersebut pernah ada laporan yang sama tentang masalah ketenagakerjaan yang saat ini masih dalam pembinaan Disnaker Provinsi Babel.
Ketua SPSI Babel mengatakan Hasil pertemuan hari ini masih dalam konteks Bipartit (perundingan antara pihak pekerja dengan perusahaan), jadi dari angka yang sudah di ajukan , ada semacam indikasi pihak perusahaan pusat minta nego,” ujar Darusman
Ketua SPSI Babel Darusman Aswan.(Istimewa)
 sementara kami konfirmasi melalui bipartit tadi , pusat belum menentukan bentuk nominal, artinya hanya ngajak nego, tapi belum ditentukan berapa nilainya ,
Dikatakannya Darusman , pihak perusahaan sangat kooperatif  , menampung apa yang menjadi aspirasi teman -teman  berusaha memaksimalkan , mengoptimalkan , jadi angka itulah yang harus disampaikan lagi ,kami minta pengertian perusahaan,” tukasnya
kami sebagai SPSI melalui konteknya Bipartit juga berharap perusahaan mengabulkan apa yang sudah diminimalkan , yang di ilustrasi kan itu nilai yang sudah minimal ,
Jadi itulah nilai kompromi sebetulnya , kalau itu misalnya nanti , katakanlah kemungkinan pihak perusahaan tetap ngotot , konsekuensinya kita kembalikan lagi ke dinas,” ucap Darusman.
Lanjutnya, yang sangat kami sayangkan adalah ini kan domennya dinas , tapi mereka terkesan melepaskan ini,” katanya.
Saya mengatakan ada indikasi seperti itu , melemparkan persoalan seakan mereka tidak terlibat lagi, tidak bisa tidak terlibat, mereka lembaga pemerintah , kan mereka yang merumuskan itu , mereka tidak bisa lari dari persoalan ini.
Mudah-mudahan hal ini bisa terkabul,” Harap Darusman diakhir pembicaraannya.
 Sebelumnya Ketua SPSI sempat menyinggung bahwa sebelumnya sudah ada pertemuan Internal antara para pekerja dengan pihak Disnaker provinsi Babel diluar koordinasi dengan Pihak SPSI yang ditunjuk sebagai mediator  para pekerja.
” Sebelumnya diluar sepengetahuan (koordinasi)  SPSI, mereka  sudah dipertemuan secara internal  antara Disnaker dengan para pekerja “, Kata Darusman.
Ketika okeybozz.com menemui Branch Manager PT. Istana Agung Babel Syahrial mengatakan intinya kami pihak perusahaan pengen menyelesaikan persoalan ini dengan cara kekeluargaan dengan karyawan.
” intinya kami (PT. Istana Agung Babel) ingin menyelesaikan persoalan ini secara kekeluargaan dengan para pekerja.
Dari hasil pertemuan ini kami tampung , jadi hari Selasa atau Rabu kami sampaikan ke owner,” Kata Syahrial.
Foto ,saat wawancara awak media ,Branch Manager PT. Istana Agung Syahrial (kanan) bersama salah satu mantan sales Emilia.
Terpisah.
Selanjutnya , Pihak Disnaker Provinsi Babel Syarif ketika dihubungi terkait kedatangan mantan sales ke PT. Istana Agung melalui Pesan Wa (WhatsApp) mengatakan Memang kita memiliki trik-trik dalam membantu penyelesaian tersebut,  yang tetap berpedoman pada ketentuan yang berlaku, agar segera terselesaikan dengan baik.
Bagi kami pemerintah, pihak manapun kami hargai pendapatnya termasuk SPSI.
Yang pasti waktu yang lalu kita melakukan pendekatan dengan perusahaan dan sejumlah eks karyawan yang tidak mengadu ke SPSI namun langsung ke Disnaker prov ,” Terangnya
Di jelaskannya , Semestinya SPSI tidak mencampur adukkan mana yg mengadu melalui SPSI dan mana yang langsung ke Disnaker provinsi.
Namun karena eks karyawan tersebut  yang mengadu ke SPSI menemui jalan buntu, akhirnya bergabung dengan sejumlah eks karyawan yg mengadu langsung ke Disnaker provinsi , karena pengambilan keputusan adalah Disnaker provinsi dan bukan SPSI ,
Semoga dalam waktu dekat ada penyelesaian internal, jika tidak ada penyelesaian secara internal (karena masih tahap bipartit),
Silahkan para pihak secara resmi
mencatatkan perselisihan hubungan industrial tersebut ke Disnaker .
Dan bagi yang melalui SPSI, eks karyawan tersebut wajib melimpah secara resmi ke SPSI kemudian pihak SPSI mencatatkan perselisihan hubungan industrial tersebut ke Disnaker untuk dilakukan sebagai tripartit ,” Tulisnya di Pesan WA. ( okey)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *