Wakil Ketua  KIP Babel  Ita Rosita : Desa Segera Bentuk PPID Desa

by

Foto ,Wakil Ketua KIP Babel Ita Rosita (ist).

 

 

 

 

 

BABEL , OKEYBOZZ.COM — Wakil Ketua KIP Bangka Belitung Ita Rosita Mengatakan Undang – undang (UU) Keterbukaan Informasi Publik no. 14 th 2008 mengamanahkan bahwa Badan Publik wajib membentuk PPID (pasal 4 e UU KIP). Kewajiban dari amanah UU KIP ini sdh dimulai sejak keluarnya PERPU RI no. 61 th 2010 pada tanggal 23 Agustus 2010 ttg Pelaksanaan dari UU KIP no. 14 tahun 2008 ,” Ujarnya di sela-sela acara RAKOR Pengembangan Pemberdayaan Masyarakat (PPM) se- Propinsi Bangka Belitung ,Jumat (26/4/2019) malam.

 

 

Dalam penyampaiannya di depan para peserta RAKOR PPM wakil ketua KIP BABEL Ita Rosita mengajak  Pemerintah Desa untuk segera membentuk PPID Desa. PPID desa dapat dibentuk oleh atasan PPID (pasal 3 PERPU  Pelaksana UU KIP no. 61 th 2010) ,” Terang Ita.

 

 

Sementara di Bangka Belitung  KIP BABEL sudah terbentuk sejak  tahun 2013, Artinya proses pelaksanaan KIP di Babel  sudah 5 thn berjalan, dan kita tidak boleh telat merespon ini , butuh dukungan dari Pemda setempat untuk  bersama – sama mewujudkan terbentuknya PPID Desa , Jika ini tidak segera kita  respon kita akan tertinggal jauh dengan provinsi lain dalam mengimplementasikan pelaksanaan KIP di Desa ,” Ucap wakil KIP Babel ini.

 

 

 

 

 

 

 

Lanjut , Dan ternyata respon dari beberapa peserta bahwa terkait keterbukaan informasi khususnya di pemerintah desa sudah dilakukan.

Mereka memasang spanduk informasi desa tentang program – program kegiatan desa termasuk menginformasikan anggaran dan penggunaanya melalui spanduk yang langsung di pasang di depan kantor desa seperti Desa Bakik kab. Bangka Barat yang disampaikan langsung oleh Kades Bakik Ahmad.

 

Demikian juga untuk Desa Gantung kab. Beltim mereka sudah memanfaatkan website dan  blog desa untuk menginformasikan langsung informasi – informasi terkait pemdes Gantung ,” Jelasnya.

Kemudia , Saya melihat ini sudah sebagian direspon desa , karena itu juga butuh suport dari Pemda setempat untuk mulai kita lakukan.
Dan malam ini saya juga menghimbau langsung khususnya Pemdes yang hadir dalam pertemuan segera setelah pulang dari pertemuan RAKOR PPM ini untuk  segera menindaklanjuti SK PPID dan  Struktur PPID desa ,” Terang Ita.

Dia juga  menyampaikan tidak ada yg perlu dikhawatirkan dalam membentuk PPID desa karna PPID ini bukan Lembaga baru di desa tetapi PPID merupakan bagian dalam pemerintah desa yang bertanggung jawab di bidang penyimpanan, pendokumentasian, penyediaan, dan pelayanan informasi di Badan Publik dan bertanggung jawab langsung kepada atasan PPID ,” Jelasnya

Ini di dukung dengan adanya UU desa no. 6 th 2014 yg juga mengedepankan tentang Keterbukaan Informasi Desa melalui SID (Sistim Informasi Desa) dan justru desa diharapkan bisa menyampaikan informasinya melalui website dan blog desa.

Ini juga yg kita harapkan ke depan desa juga tidak tertinggal dalam menguasai media online untuk mentransformasikan informasi -informasi yg dimiliki desa.

Kita harus terus semangat mewujudkan ini, jika mengalami kendala dapat  menghubungi  atau datang langsung ke kantor KIP Babel di lantai 4 kantor gubernur provinsi  Kepulauan . Bangka Belitung ,” Tutupnya diakhir pembicaraannya. ( okey).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *