Ibu – Ibu Muda Club Rita Ceria Kampung Opas , Siap Hijaukan Halaman Rumah Dengan Hidroponik.

by
foto , Ibu – ibu muda di seputaran Kampung opas belajar Hidropinik, Sabtu (20/4).
Laporan Okeybozz Fitri Harahap / Adityawarman.
PANGKALPINANG , OKEYBOZZ.COM — Rita Ceria Club mengadakan kursus singkat menanam sayur hidroponik ,bertempat diKampung Opas ,Sabtu (20/4/2019).
Hidroponik adalah budidaya menanam dengan memanfaatkan air tanpa menggunakan tanah dengan menekankan pada pemenuhan kebutuhan nutrisi bagi tanaman. Kebutuhan air pada hidroponik lebih sedikit daripada kebutuhan air pada budidaya dengan tanah. Hidroponik menggunakan air yang lebih efisien, jadi cocok diterapkan pada daerah yang memiliki pasokan air yang terbatas.
 Kursus singkat ini dihadiri oleh ibu-ibu muda yang ingin belajar cara hidup sehat, salah satunya dengan memakan makanan bergizi seperti sayuran hidroponik yang sudah dikenal dan terjamin kesehatannya karena tidak menggunakan pupuk kimia.
Materi kursus yang disampaikan oleh Nara sumber Fitri Harahap dengan  berbagi pengalaman menanam mudah dan murah juga terjangkau, cukup dengan modal sedikit tidak lebih dari seratus ribu rupiah dan menanamnya pun bisa di halaman rumah dengan lahan terbatas,” Terang Fitri.
Lanjutnya,  Jadi sangat cocok untuk ibu-ibu yang tidak mau repot.
Para peserta yang terdiri dari ibu – ibu muda kursus belajar tentang perlengkapan yang digunakan untuk menanam, seperti styrofoam bekas (tempat buah), plastik hitam (plastik sampah) , untuk bagian dalam styrofoam, netpot, sumbu flanel, rockwool (semacam busa), nutris AB mix, benih sayuran, dan tentunya air ,” Jelasnya.
 Mereka juga belajar tahapan menanam, mulai dari menyemai benih, menjemur benih yang sudah keluar, memindahkan ke media, dan merawat tanaman.
 Meskipun terlihat rumit, ibu-ibu muda ini mengakui menanam hidroponik sebenarnya mudah dan enjoi, dan mereka tertantang untuk mempraktekkannya di rumah,” Ujar Dosen di Universitas Bangka Belitung ini.(okey).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *