Jalan Mapur-Tuing Habiskan Rp 9,8 Miliar, Gubernur Siapkan Tuing Jadi Destinasi Wisata

by

 

Laporan wartawan omey / okeybozz.com

BANGKA, OKEYBOZZ.COM – Naik sepeda, Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Erzaldi Rosman kembali Natak Kampung (keliling desa—red). Kali ini bersama Kepala Bappeda Babel Feri Insani dan para pesepeda dari ASN Pemprov Babelm Gubernur Erzaldi Natak Kampung ke Desa Mapur, Kecamatan Riau Silip, Kabupaten Bangka.

Sembari gowes, Gubernur menelusuri persiapan pembangunan jalan dari Dusun Mapur hingga Dusun Tuing Desa Mapur, yang panjangnya mencapai kurang lebih 7 kilometer. Blusukan gaya Gubernur Erzaldi ini dilakukan Sabtu (29/12/2018). Pembangunan Jalan Dusun Mapur – Tuing ini, merupakan bantuan dari Gubernur Babel kepada Kabupaten Bangka, dengan nilai Rp 9,8 miliar, yang direncanakan pelaksanaannya pada tahun 2019 ini.
Saat meninjau Jalan Mapur – Tuing, Erzaldi mengatakan, jalan ini, merupakan akses pengembangan kawasan Tuing. Gubernur menilai Tuing sangat eksotik, sehingga bisa ditingkatkan menjadi daerah wisata.

Selain itu, bisa juga ditingkatkan sebagai daerah pengembangan pelabuhan. Karena, Tuing ini memiliki laut yang sangat dalam, sehingga berpotensi untuk dijadikan pelabuhan guna mendukung kegiatan di sebelah Utara Pulau Bangka.

“Pelabuhan di Tuing ini, akan kita diaktifkan lagi. Insya Allah kami akan membangun fasilitasnya, apakah nanti untuk galangan kapal, prosesing udang atau lainnya, intinya kami akan mengundang investor untuk mengelola wilayah Tuing, biar nanti anak cucu kita bisa bekerja di sana,” ujar Gubernur.

Sementara itu, Kepala Bappeda Babel Fery Insani dalam kesempatan sama menyebutkan, kawasan Tuing sangat bagus dikembangkan untuk pelabuhan.
“Prinsipnya, kita membangun kawasan pesisir ini. Sebab, data yang kita peroleh, daerah ini belum tergarap dengan baik, peta masyarakatnya juga belum cukup baik, akses untuk sekolah juga belum baik. Makanya, kawasan pesisir yang akan kita bangun ini, akan kita konekkan dari Matras-Bio-Bedukang-Mapur-Belinyu. Mudah-mudahan ini bisa tercapai,” harapnya.

Tahun 2019, kata dia, akan dimulai pembangunan jalan Tuing.
“Tuing akan dijadikan daerah wisata. Di Tuing itu, kita usulkan geologi park, seperti Belitung, beberapa situsnya kita pelihara. Artinya, kedepan, ini untuk transformasi dari pertambangan ke wisata, atau pertambakan,” imbuhnya.
Usai meninjau persiapan pembangunan jalan Mapur – Tuing, Gubernur bersama rombongan kembali mengayuh sepedanya sejauh lebih kurang 29 kilometer, menyusuri jalan dari Tuing – Pantai Bedukang – Pantai Bio. (omey)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *